"Assalamu'alaikum Wr.Wb" Selamat Datang ! Semoga Blog Ini bermanfaat bagi & Memperbarui pengalaman di blog ini & Kunjungi terus ya ....?? Jangan Lupa Nyuruh Teman - teman untuk mengunjungi blog Anak X MultiMedia 2 SMK Negeri 1 Balongan, Upzztt Jangan lupa buwat Cheat & Isi Poling Di blog Ini yc....!! Sekian dan Terimakasi yc atas Kunjungan anda "Walaikim'salam Wr.Wb" By : Caswandi Xmm2

Definisi MultiMedia



1. 1. ISO 14915 (2001) mendefinisikan multimedia sebagai ISO 14915 (2001) mendefinisikan multimedia sebagai
… user interfaces that integrate and synchronise different media (static media such as text, graphs and images; and dynamic media such as audio, animation and video)… ... User interface yang terintegrasi dan menyinkronkan berbagai media (static media seperti teks, grafik dan gambar, dan dinamis media seperti audio, video dan animasi) ...
Definisi ini menekankan standard yang mesti digunapakai kepada persembahan dan teknik interaksi untuk aplikasi multimedia komputer secara am termasuk yang berdiri dengan sendiri “stand-alone” atau yang terlibat dalam aplikasi jaringan “networked applications”. Definisi ini menekankan standard yang mesti digunapakai kepada persembahan dan Teknik Interaksi untuk aplikasi multimedia komputer secara am termasuk yang berdiri sendiri dengan "stand-alone" atau aplikasi yang terlibat dalam jaringan "jaringan aplikasi".


2. 2. Dalam design guide INUSE, European Usability Support Centres (1997) multimedia didefinisikan sebagai Panduan dalam desain INUSE, Eropa usability Dukungan Pusat (1997) multimedia didefinisikan sebagai
…The use of different input devices and different media, both time dependent ... Penggunaan masukan dari berbagai perangkat dan media yang berbeda, baik waktu tergantung (sound, music, voice, video) and time independent (graphics, text) in a system or service (Clarke, 1992). (suara, musik, suara, video) dan waktu independen (gambar, teks) dalam sistem atau layanan (Clarke, 1992). A multimedia system or service may therefore include a combination of text, still images, graphics, video animation, sound and speech as output media. Sebuah sistem multimedia atau layanan Mei itu termasuk kombinasi teks, gambar diam, gambar, video animasi, suara dan bicara sebagai media output. To interact with these elements, the user may use a mouse, tracker ball, joystick, touch screen, pen, stylus, keyboard or speech for input… Untuk berinteraksi dengan elemen-elemen ini, pengguna dapat menggunakan mouse, tracker ball, joystick, layar sentuh, pena, stylus, keyboard atau masukan untuk bicara ...


3. Dix (1993) mendefinisikan multimedia mengikut perkembangan teknologinya. Diperingkat awal perkembangan multimedia ia boleh diertikan dalam dua konsep tang saling bertukarganti antara sistems “multi-modal” dan “multi-media”. 3. Dix (1993) mendefinisikan multimedia mengikut perkembangan teknologinya. Diperingkat awal perkembangan multimedia ia boleh diertikan dalam dua tang Konsep saling bertukarganti antara sistems "multi-modal" dan "multi-media". Dix mengambilkira perkembangan melalui sistem interaktif, yang bermula dengan papan kekunci, tetikus sebagai penunjuk, satu skrin paparan dan output bunyi yang terbatas. Dengan kata lain, apabila perkembangan sistem menjadi semakin canggih oleh “multiple communication channels” yang boleh berfungsi serentak, maka wujudlah apa yang dinamakan sebagai multi-media sistem. Dix mengambilkira perkembangan melalui sistem Interaktif, yang bermula dengan papan kekunci, tetikus sebagai penunjuk, satu skrin Paparan Bunyi dan output yang terbatas. Dengan kata lain, apabila perkembangan sistem menjadi semakin canggih oleh "beberapa saluran komunikasi" yang boleh berfungsi serentak, maka wujudlah apa yang dinamakan sebagai multi-media sistem. Sistem ini menggunakan pelbagai media untuk komunikasi dan menyampaikan maklumat samada maklumat pelengkap, tambahan atau ulangan melalui saluran input atau output. Sistem ini menggunakan pelbagai media untuk Komunikasi dan Menyampaikan maklumat samada maklumat pelengkap, tambahan atau ulangan melalui saluran input atau output.
Sistem yang direka pada masa sekarang banyak mengikut keperluan pancaindera manusia “the multiple sensory channels of humans” dan lain-lain bentuk input visual “types of visual inputs” seperti “textual, graphical, iconic, animation, video and CD-I.” (Dix. (1993)). Sistem yang direka pada masa sekarang banyak mengikut keperluan pancaindera manusia "berbagai saluran indrawi manusia" dan lain-lain bentuk masukan visual "jenis masukan visual" seperti "tekstual, grafis, gambar, animasi, video dan CD-I." ( Dix. (1993)). Semenjak 1993 hingga ini fungsi “functionality” multimedia telah bertambah dengan lebih pesat lagi yang menyebabkan penambahan saluran interaksi manusia dengan komputer “bandwidth of human-computer interaction” termasuk interaksi antara dua muka “interface” pengguna istimewa dan reality maya “virtual reality”. Semenjak 1993 hingga fungsi ini "fungsionalitas" multimedia telah bertambah dengan lebih pesat lagi yang menyebabkan saluran Penambahan Interaksi manusia dengan komputer "bandwidth interaksi manusia-komputer" termasuk Interaksi antara dua muka "antarmuka" pengguna istimewa dan realitas maya "virtual reality".


4. 4. Preece (1994) mendefinisi multimedia mengikut perspektif Interaksi Manusia dengan Komputer (IMK) “Human –Computer Interaction (HCI)”. Preece (1994) mendefinisi multimedia mengikut Perspektif Interaksi Manusia dengan Komputer (IMK) "Interaksi Manusia-Komputer (HCI)". Dia memberi penekanan koncepts kualiti “concepts of quality” (high quality sounds and video images), nilai kecantikan atau tarikan estetik “aesthetics (appeal)”, kemudahagihan “distributiveness (high storage capacity)”, berpusat kepenggunaan “user-centeredness (effective interaction, easy to use)”, … Dia memberi penekanan koncepts kualiti "konsep mutu" (tinggi kualitas suara dan gambar video), nilai kecantikan atau tarikan estetik "estetika (banding)", kemudahagihan "distributiveness (tinggi kapasitas penyimpanan)", berpusat kepenggunaan "pengguna centeredness (interaksi efektif , mudah digunakan) ", ...
…Any computer application that employs a videodisk, images from a CD-ROM, uses high quality sound, or uses high quality video images on screen may be termed a multimedia application. ... Setiap komputer yang menggunakan aplikasi videodisk, gambar dari CD-ROM, menggunakan suara berkualitas tinggi, atau menggunakan gambar video berkualitas tinggi pada layar mungkin diistilahkan aplikasi multimedia. Such interfaces are often aesthetically appealing and where high capacity storage devices such as CD-ROM are used, can provide effective interactions for the user, by acting as very large databases or storehouses of information with dense but easy-to use cross referencing and indexing (p.225). Seperti antarmuka sering aesthetically menarik di mana tinggi dan kapasitas penyimpanan perangkat seperti CD-ROM yang akan digunakan, dapat menyediakan interaksi efektif bagi pengguna, dengan sangat besar yang bertindak sebagai penyimpanan data atau informasi dengan lebat tapi mudah untuk menggunakan indeks dan referensi silang ( p.225).


5. Druin (1996), perekacipta dan pembangun teknologi untuk kanak-kanak melihat definisi dari sudut bahasa “multi” and “media”. 5. Druin (1996), perekacipta dan pembangun teknologi untuk Kanak-Kanak melihat definisi dari sudut bahasa "multi" dan "media". Di sini dia memberi pandang kontekstual mengenai apa yang dikatakan multimedia pada masa dulu dan apa dia pula yang dikatakan multimedia pada masa sekarang. Di sini dia memberi Pandang kontekstual mengenai apa yang dikatakan multimedia pada masa dulu dia dan apa pula yang dikatakan multimedia pada masa sekarang.


6. 6. Jones (2003) melihat multimedia sebagai Jones (2003) melihat multimedia sebagai
… The integration of multiple media forms, including text, music, spoken words, video, illustrated graphics, and still photographs, to communicate unified messages that, ideally at least, are also interactive…(p.329) ... Integrasi beberapa bentuk media, termasuk teks, musik, kata-kata yang diucapkan, video, gambar ilustrasi, foto, dan tetap, untuk berkomunikasi pesan yang kompak, idealnya paling sedikit, juga interaktif ... (p.329)
Baginya multimedia digital menjadi “hypermedia” disebabkan oleh penyangkut hiperteks “hypertext linkages” yang menonjol kegunnaannya bersama perkembangan Internet. Baginya multimedia digital menjadi "hypermedia" disebabkan oleh penyangkut hiperteks "hypertext hubungan" yang menonjol kegunnaannya bersama perkembangan Internet.


7. 7. Bagi Cawkell (1996) multimedia bermaksud: Bagi Cawkell (1996) multimedia yang bermaksud:
“ ‘The processing and presentation of information in two or more media’, so computers which are capable of handling text and simple graphics, …could be called ‘multi-media computers …many extra attributes have been developed that the word now usually means the processing and presentation of at least text, graphics, and pictures, if not animation and motion video, usually in colour with sound…many systems and activities…including hypertext, image processing, compression systems, colour electronics, input technologies like scanners, cameras, and picture frame grabbers, output technologies such as displays and reprography, transmission systems, Virtual Reality, and visualization. " 'The pengolahan dan presentasi informasi dalam dua atau lebih media', jadi komputer yang mampu menangani teks dan grafis sederhana, ... bisa disebut" multi-media komputer ... banyak atribut ekstra yang telah dikembangkan kata sekarang biasanya berarti pengolahan dan presentasi setidaknya teks, gambar, dan gambar, jika tidak animasi dan motion video, biasanya dalam warna suara dengan sistem dan ... banyak kegiatan ... termasuk hypertext, image processing, compression systems, colour electronics, input teknologi seperti Scanners, kamera , dan tangan-tangan pigura, output teknologi seperti menampilkan dan reprography, sistem transmisi, Virtual Reality, dan visualisasi. Compact Disk media and techniques, electronic books and journals, and videoconferencing are multimedia, as are computer games and home shopping.” (p.3) Compact Disk media dan teknik, buku-buku dan jurnal elektronik, dan videoconferencing are multimedia, seperti permainan komputer di rumah dan berbelanja. "(P.3)


8. Kita dapati pelbagai penulis mendefinisikan multimedia mengikut disiplin yang diikutinya. 8. Kita dapati pelbagai penulis mendefinisikan multimedia mengikut disiplin yang diikutinya. Gonzalez (2000) pernah melafazkan kelohan kesusahan beliau dalam mencari kurikula yang terbaik dalam arena academia Gonzalez (2000) pernah melafazkan kelohan kesusahan beliau dalam mencari kurikula yang terbaik dalam arena akademisi
Ask for a definition of “multimedia”, and you’ll likely never to hear the same description twice. Meminta definisi dari "multimedia", dan Anda mungkin tidak pernah mendengar keterangan yang sama dua kali. So, how do we go about teaching it?” (p.89) Jadi, bagaimana kita lanjut tentang mengajar itu? "(P.89)


9. 9. Bagi penulis, Normahdiah S. Said (2004) secara metaforiknya, Bagi penulis, Normahdiah S. Said (2004) secara metaforiknya,
“Multimedia behaves like the “mitosis” phenomenon of a human cell; it divides and multiplies but still maintains its genetic characteristics of multi-functionality. "Multimedia behaves like the" mitosis "fenomena dari sel manusia, yang membagi dan mengalikan, namun tetap mempertahankan karakteristik genetik yang multi-fungsi. The concept was created with the intention of the exploitation of the possibilities of integrating these multifunctional media using text, sound, animation and video imaging, etc. in one application, platform or environment . The concept has been assimilated into computer technologies through computer desktops as standalone CDs, through on-line systems of the Web and through the digital age of the mobile phones. Konsep yang telah dibuat dengan tujuan yang eksploitasi kemungkinan ini multifungsi yang terintegrasi dengan menggunakan media teks, suara, animasi dan video imaging, etc dalam satu aplikasi, platform atau lingkungan. Konsep telah assimilated ke komputer melalui teknologi komputer desktop sebagai standalone CD, melalui sistem on-line dari Web dan melalui digital usia dari ponsel. Its birth and creation has affected many disciplines in and around computer technology symbiotically and therefore contributed a lot to the multidisciplinary nature in building, creating, designing and using it” (Said (2004)) Yang lahir dan penciptaan telah terpengaruh banyak disiplin di dalam dan di sekitar komputer symbiotically teknologi dan karena itu banyak memberikan kontribusi kepada multidisiplin alam dalam membangun, membuat, merancang dan menggunakannya "